perjuangan penuh keringat dan penantian di daan mogot
a.k.a. tips2/prosedur mengurus SIM di jakarta
bikin SIM baru ternyata perlu perjuangan. apalagi tanpa calo. dan itulah yg gw alami kemaren. tapi asal tau triknya, sebetulnya perjuangannya lebih simpel, dan kita gak perlu keluar duit ekstra buat calo.
selama ini gw termasuk orang yg gak suka menggunakan jasa calo. perpanjang SIM selalu gw urus sendiri, di daan mogot pernah, di polres jak sel pernah. bedanya bisa sekitar 20-50 ribu lbh murah. bikin paspor jg gw urus sendiri, bedanya bisa 100-200 ribu lbh murah drpd kl pake calo. ngambil SIM di pengadilan abis ditilang juga selalu sendiri. dan semuanya gak sulit. sistem dan prosedurnya jelas asal rajin nanya.
utk bikin SIM C ini gw tanya2 sana sini dulu. sempet pengen make biro jasa yg deket rumah, krn mrk kerjanya sangat rapi dan terpercaya. tapi ternyata biayanya mahal: 450 ribu (sktr 4-5 jam, ujian pasti lulus) dan 550 ribu (sktr 1-2 jam, gak pake ujian, langsung foto). tanya temen2 yg baru bikin SIM, rata2 abis 350 ribu, pake calo yg ketemu di sana (daan mogot), dr pagi smp sore. ketemu jasa yg laen lagi, nawarinnya 500 ribu (langsung foto juga).
sementara prosedur ngurus sendiri (seharusnya) cuman 100 ribu. jauuh kan bedanya: 400 ribu! so, drpd gw sok2 manja pake calo, gw coba urus sendiri aja seperti yg biasanya gw lakukan. lumayan kan 400 ribu bisa ditabung buat next liburan kemana gitu.
jadi kemaren, hari kamis pagi gw ke daan mogot, smp sana jam 10. prosedurnya awalnya gampang, tp lama2 ngeselin.
1. ambil formulir kesehatan di loket. bayar 10 ribu (sebetulnya gw yakin ini gak sah, gak ada kwitansi, tp di depan loket udah ada tulisan gede2 Rp 10.000,-. hebat ya orang korupsi di negara ini.. hehehe..) dan ngasih 1 foto kopi KTP.
2. tes kesehatan. dr loket pertama itu udah ada jalur langsung ke ruangan tes kesehatan. yg dites cuma penglihatan doang. itu juga petugasnya asal2an ngetesnya. banyak yg salah baca dicuekin, terus belon kelar baca semua huruf udah disuruh lanjut.
3. bayar asuransi di loket asuransi. bayar 15 ribu.
4. beli formulir SIM di loket. bayar 75 ribu (seharusnya ini satu2nya pembayaran resmi yg masuk kas negara, selain asuransi. tp gak tau ya kalo angka ini di-blow up dr angka sesungguhnya.)
5. ngisi formulir SIM
6. ke gedung bagian belakang (jadi gedung pengurusan SIM ini terdiri dr 2 bagian besar, bagian depan utk prosedur awal td, bagian belakang utk prosedur lanjutannya. untuk masuk ke bagian belakang ini pengunjung musti pake tag bertuliskan "pemohon SIM". utk meminimalisir calo sepertinya.. ceritanya). ke loket 4 (khusus SIM C, utk SIM lain ada tulisannya di loket antara 1-3. tempat loket2 ini di sayap kanan dr gedung bagian belakang. sayap kiri kayaknya buat perpanjang SIM), ngasih formulir dan 2 foto kopi KTP. kemudian dikasih tanda untuk ikut ujian teori.
7. ujian teori di lantai 2. petunjuk ruangan mananya nggak jelas. jadi mending cari ruang kelas yang pintunya terbuka, dan tanya2 aja ke petugas. pertama, ngasih berkas yg terakir dikasih ke petugas, nanti dikasih formulir ujian dan nilainya. abis itu duduk aja tenang2, tunggu instruksi: dr ngisi formulir, ngisi jawaban, dst.
8. tunggu hasil ujian di depan loket 5 (di lantai 1), duduk aja tunggu dipanggil.
9 (a). setelah dapet hasil ujian, kalo lulus, langsung ke loket 6 utk ngasih berkas2 itu sekaligus mendaftar utk ujian praktek.
apakah gw lulus? ternyata nggak! padahal gw yakin jawaban gw benar minimal 80 persen. syarat kelulusan adalah nilai minimal 18 utk jawaban 30 soal. di bawah 18 gak lulus, dan hrs ngulang di lain hari. nilai gw 16 dan gw disuruh ujian ulang tanggal 1 April 2005.
gw gak trima! dan gw gak mau bolak balik ke daan mogot yg jauh dan panas itu. akirnya gw nanya di sebuah loket di lantai 2, kemana gw bisa ngecek hasil ujian. dan gw disuruh ke loket/ruang 37, juga di lantai 2 di salah satu pojokan koridor. di titik ini gw mulai gak percaya dgn prosedur resmi, dan mulai berpikir tentang "jalan alternatif" supaya SIM bisa kelar hari itu jg.
di ruang 37 itu gw bilang kl gw ingin ngecek hasil ujian gw, krn gw yakin jawaban gw hampir semuanya bener. gw bilang, nggak mungkin gw gak lulus. terus sambil mencatat nama dan nomer registrasi gw si petugas bilang, utk ngecek hasil ujian gw hrs tunggu jam 3. sementara saat itu baru jam 12an.
trus gw tanya, apakah setelah itu gw masih bisa ikut ujian praktek? dia bilang nggak bisa, dan dia menyarankan gw utk ngulang ujian dulu siang itu, terus kalo gak lulus jg baru cek hasil ujian gw yg jam 3 itu.
ya udah gw cari ruang kelas buat ujian ulang. sempet disuruh cari kelas lain dan nunggu sktr 20 menit. akirnya gw ujian ulang, (ternyata) bersama2 org2 yg jg ngulang ujian kyk gw. stlh itu gw kembali ke depan loket 5 utk nunggu hasil ujian gw. akirnya dipanggil, dan...
gw gak lulus juga! nilai gw 15. OMG! 2 kali gak lulus ujian teori! bayangin, seorang gw yg udah nyetir belasan tahun di belantara jalanan jakarta ini, seorang gw yg tau dan (biasanya) taat aturan lalu lintas, seorang gw yg pernah ngedebat polisi dan bilang: "saya orangnya taat aturan pak!" pas mau ditilang smp akirnya gak jadi ditilang (krn emang gw gak salah, cuma polisinya aja yg nyari duit), seorang gw yg udah ditilang 4 kali (org yg udah sering ditilang pasti lebih tau dong soal aturan lalin.. hehehe..). gila. gak bisa dipercaya.
akirnya gw kembali ke ruang 37. gw kembali protes dgn nilai gw, dan lagi2 gw disuruh kembali jam 3, krn menurut si petugas utk ngambil data2 gw butuh waktu. di sini gw mulai nyoba mancing, cari jalan. gw bilang, kalo mau ujian praktek dan selsay hari ini juga gimana? dan, seperti yg gw duga/harap, si petugas langsung merekomen seseorang: "kalo mau dibantu ke ruang sebelah aja ketemu pak tarno (atau tresno, atau triono, gw lupa)."
dan gw pun ke ruangan yg posisinya di seberang ruang 37 itu. dan di situlah, rupanya, semua org yg nggak lulus ujian, dan para calo yg ingin kliennya diluluskan ujiannya, membayar. gw berusaha nawar, tp sptnya si petugas udah punya harga fix buat semua orang: 210 ribu. gw bayar. terus kertas hasil ujian gw yg dua kali, dgn 2 nilai gak lulusnya, diambil sama si petugas dan diganti dgn form kosong baru. gw disuruh ngisi, terus minta nilai ke ruang 37 lagi. di ruang 37 gw langsung menyodorkan kertas keparat itu, dan otomatis petugas di ruangan itu langsung kasih nilai 18, lulus!
formulir keparat itu. "cuma" butuh 210 ribu buat tulisan "18/lulus" di atas tanda tangan itu, bukan kepandaian teori lalu lintas yg sebenarnya.
seorang ibu yg jg ngulang ujian dan akirnya nyogok nilai kayak gw jg bilang: "tau gitu nggak usah ujian ulang ya cape2 nunggu lama. orang udah yakin lulus kok. giliran mau jujur (ikutin prosedur resmi).. eh dipersulit.." dgn senyum getir, sebel, tp pasrah.
gw terusin lanjutan list di atas yaa..
9 (b). kalo gak lulus, ke seberang ruang 37 di lantai 2. bayar 210 ribu, isi form, terus ke ruang 37 utk minta nilai. abis itu baru ke loket 6 utk ngasih berkas2 dan daftar ujian praktek.
10. ke tempat ujian praktek. duduk aja tenang2, tunggu dipanggil. begitu dipanggil, dateng ke loket di belakang tribun utk ambil formulir. isi form.
11. bayar sewa mobil/motor di loket (yg lokasinya di sebelah kiri kantin). mobil 10 ribu, motor 5 ribu (gw yakin ini juga gak resmi).
12. abis bayar dan form udah dicap, kita serahin formulir ke petugas yg ngatur ujian praktek di lapangan. dan disuruh kembali duduk di tribune. nunggu.
13. setelah nunggu cukup lama tanpa kejelasan. akirnya gw dan orang2 lain dipanggil ke lapangan untuk dikasih pengarahan.
14. abis itu tunggu giliran ujian praktek.
ujian praktek ini juga sama basinya. standar kelulusannya gak realistis. utk motor, poin pertama penilaiannya kita hrs melewati tengah2 dua buah garis sejajar yg sempit (ceritanya gang sempit). utk melewati persis di tengah kedua garis itu sama sekali gak susah. yg susah adalah melewati dua garis itu tanpa menyenggol patok2 kayu yg diletakkan berdiri di 8 atau 10 titik di atas garis itu.
sementara salah satu syarat kelulusannya adalah minimal sekali menjatuhkan patok kayu, atau sekali menurunkan kaki. 2 kali menjatuhkan patok kayu gak lulus. 2 kali menurunkan kaki gak lulus. sekali jatuhin patok plus sekali nurunin satu kaki jg gak lulus.
belum lagi abis itu musti bikin angka 8 ngikutin garis. bikin angka 8nya mungkin gak susah, tp lagi2, di tengah2 angka 8 itu ada 2 patok yg musti dilewatin tengah2nya. which is 2 patok itu ditaronya sangat deket. setelah itu masih ada ujian zig-zag.
hampir semua orang sblm gw selalu gagal di tes gang sempit itu. mereka pasti nyenggol minimal 2 balok, dan langsung disuruh kembali sama petugas. cm 1 or 2 orang yg bisa, termasuk gw.. yeeeaahhhh... huehehe.. abis itu angka 8 juga gak ada yg nerusin, biasanya cuma muter dikit terus balik ke tempat start.
di tengah2 teriknya panas menunggu, tiba2 ada satu petugas yg dateng, dan menawarkan utk mempermudah proses itu. ia menawarkan: bagaimana jika para pemohon SIM gak perlu ujian praktek, dgn syarat jika kita ditanya org lain, atau ditanya polisi di dalam, kita harus bilang kalo kita sudah mengikuti ujian praktek. kami semua langsung setuju. dan org2 pun kembali duduk di tribun menunggu dipanggil.
15. tunggu nama dipanggil di tribun.
rupanya semua org nunggu di situ namanya kesebut, jd gw asumsikan mrk semua lulus ujian praktek termasuk gw. sukurlah. yg penting gak keluar duit lagi buat nyogok biar lulus.
16. begitu nama disebut, gak perlu nyamperin yg manggil, langsung ke depan loket 9. tunggu dipanggil lagi.
17. begitu dipanggil, ke loket 9 utk terima berkas.
18. ke ruang foto, ngasih berkas, sambil bikin tanda tangan di kertas. terus poto.
19. ke depan loket 30. duduk aja, tunggu dipanggil. begitu dipanggil, langsung ambil SIM di loket itu.
20. setelah ambil SIM ambil kartu asuransi di bagian depan gedung. dan akhirnya setelah 6 jam penuh keringat dan penantian (gw selsay sktr jam 4 sore, datengnya jam 10 pagi).. HOREEEE GW PUNYA SIM C!!! =)
biaya yg gw keluarin:
10.000 form kesehatan
15.000 asuransi
75.000 form resmi SIM
5.000 sewa motor (kl mobil 10.000)
__________________
105.000 jumlah biaya yg bayar di loket resmi
plus
210.ooo sogokan buat nilai ujian teori.
kalo elo beruntung, atau elo pers (banyak wartawan yg melampirkan foto kopi kartu pers-nya di atas berkas2nya), mungkin bisa aja elo jadi segelintir org yg lulus tanpa harus bayar sogokan.
jadi total biayanya: 315.ooo.
35 ribu lebih murah dr calo setempat (dgn prosedur dan lama waktu yg sama);
135 ribu lebih murah dr bikin lewat biro jasa (prosedur sama tapi lebih cepet: sktr 4-5 jam);
dan 235 ribu lebih murah dari bikin lewat biro jasa "premium" yg tinggal foto dan cm 1-2 jam doang jadi.
o iya, pas keluar dan bayar parkir mobil, perhatikan berapa jam elo ada di situ dan berapa jam yg di-charge sama si petugas. soalnya pas gw keluar ditambahin gitu jamnya, untung gw ngitung, dan langsung protes.
btw, yg musti dibawa utk ngurus SIM adalah:
1. KTP asli
2. fotokopi KTP 3 lembar
3. bolpen
4. pensil
selain KTP asli, kalo ada yg gak bawa/punya semuanya bisa dibeli di sana. soal KTP, di depan pintu utama gedung, ada polisi yg ngejaga dan meminta kita utk ngasih liat KTP asli. hanya org2 yg punya KTP yg boleh masuk.
yaa gitu deh perjuangan panjangnya ngurus SIM di jakarta. hanya sebuah potret dan bagian kecil dari sistem besar pemerintahan yg korup. budaya yg lahir dan tumbuh besar di jaman orde baru.
tp sebagai warga negara yg baik gw akan tetep terus nyoba utk ngikutin prosedur resmi. kecuali kepepet.. =)
bikin SIM baru ternyata perlu perjuangan. apalagi tanpa calo. dan itulah yg gw alami kemaren. tapi asal tau triknya, sebetulnya perjuangannya lebih simpel, dan kita gak perlu keluar duit ekstra buat calo.
selama ini gw termasuk orang yg gak suka menggunakan jasa calo. perpanjang SIM selalu gw urus sendiri, di daan mogot pernah, di polres jak sel pernah. bedanya bisa sekitar 20-50 ribu lbh murah. bikin paspor jg gw urus sendiri, bedanya bisa 100-200 ribu lbh murah drpd kl pake calo. ngambil SIM di pengadilan abis ditilang juga selalu sendiri. dan semuanya gak sulit. sistem dan prosedurnya jelas asal rajin nanya.
utk bikin SIM C ini gw tanya2 sana sini dulu. sempet pengen make biro jasa yg deket rumah, krn mrk kerjanya sangat rapi dan terpercaya. tapi ternyata biayanya mahal: 450 ribu (sktr 4-5 jam, ujian pasti lulus) dan 550 ribu (sktr 1-2 jam, gak pake ujian, langsung foto). tanya temen2 yg baru bikin SIM, rata2 abis 350 ribu, pake calo yg ketemu di sana (daan mogot), dr pagi smp sore. ketemu jasa yg laen lagi, nawarinnya 500 ribu (langsung foto juga).
sementara prosedur ngurus sendiri (seharusnya) cuman 100 ribu. jauuh kan bedanya: 400 ribu! so, drpd gw sok2 manja pake calo, gw coba urus sendiri aja seperti yg biasanya gw lakukan. lumayan kan 400 ribu bisa ditabung buat next liburan kemana gitu.
jadi kemaren, hari kamis pagi gw ke daan mogot, smp sana jam 10. prosedurnya awalnya gampang, tp lama2 ngeselin.
1. ambil formulir kesehatan di loket. bayar 10 ribu (sebetulnya gw yakin ini gak sah, gak ada kwitansi, tp di depan loket udah ada tulisan gede2 Rp 10.000,-. hebat ya orang korupsi di negara ini.. hehehe..) dan ngasih 1 foto kopi KTP.
2. tes kesehatan. dr loket pertama itu udah ada jalur langsung ke ruangan tes kesehatan. yg dites cuma penglihatan doang. itu juga petugasnya asal2an ngetesnya. banyak yg salah baca dicuekin, terus belon kelar baca semua huruf udah disuruh lanjut.
3. bayar asuransi di loket asuransi. bayar 15 ribu.
4. beli formulir SIM di loket. bayar 75 ribu (seharusnya ini satu2nya pembayaran resmi yg masuk kas negara, selain asuransi. tp gak tau ya kalo angka ini di-blow up dr angka sesungguhnya.)
5. ngisi formulir SIM
6. ke gedung bagian belakang (jadi gedung pengurusan SIM ini terdiri dr 2 bagian besar, bagian depan utk prosedur awal td, bagian belakang utk prosedur lanjutannya. untuk masuk ke bagian belakang ini pengunjung musti pake tag bertuliskan "pemohon SIM". utk meminimalisir calo sepertinya.. ceritanya). ke loket 4 (khusus SIM C, utk SIM lain ada tulisannya di loket antara 1-3. tempat loket2 ini di sayap kanan dr gedung bagian belakang. sayap kiri kayaknya buat perpanjang SIM), ngasih formulir dan 2 foto kopi KTP. kemudian dikasih tanda untuk ikut ujian teori.
7. ujian teori di lantai 2. petunjuk ruangan mananya nggak jelas. jadi mending cari ruang kelas yang pintunya terbuka, dan tanya2 aja ke petugas. pertama, ngasih berkas yg terakir dikasih ke petugas, nanti dikasih formulir ujian dan nilainya. abis itu duduk aja tenang2, tunggu instruksi: dr ngisi formulir, ngisi jawaban, dst.
8. tunggu hasil ujian di depan loket 5 (di lantai 1), duduk aja tunggu dipanggil.
9 (a). setelah dapet hasil ujian, kalo lulus, langsung ke loket 6 utk ngasih berkas2 itu sekaligus mendaftar utk ujian praktek.
apakah gw lulus? ternyata nggak! padahal gw yakin jawaban gw benar minimal 80 persen. syarat kelulusan adalah nilai minimal 18 utk jawaban 30 soal. di bawah 18 gak lulus, dan hrs ngulang di lain hari. nilai gw 16 dan gw disuruh ujian ulang tanggal 1 April 2005.
gw gak trima! dan gw gak mau bolak balik ke daan mogot yg jauh dan panas itu. akirnya gw nanya di sebuah loket di lantai 2, kemana gw bisa ngecek hasil ujian. dan gw disuruh ke loket/ruang 37, juga di lantai 2 di salah satu pojokan koridor. di titik ini gw mulai gak percaya dgn prosedur resmi, dan mulai berpikir tentang "jalan alternatif" supaya SIM bisa kelar hari itu jg.
di ruang 37 itu gw bilang kl gw ingin ngecek hasil ujian gw, krn gw yakin jawaban gw hampir semuanya bener. gw bilang, nggak mungkin gw gak lulus. terus sambil mencatat nama dan nomer registrasi gw si petugas bilang, utk ngecek hasil ujian gw hrs tunggu jam 3. sementara saat itu baru jam 12an.
trus gw tanya, apakah setelah itu gw masih bisa ikut ujian praktek? dia bilang nggak bisa, dan dia menyarankan gw utk ngulang ujian dulu siang itu, terus kalo gak lulus jg baru cek hasil ujian gw yg jam 3 itu.
ya udah gw cari ruang kelas buat ujian ulang. sempet disuruh cari kelas lain dan nunggu sktr 20 menit. akirnya gw ujian ulang, (ternyata) bersama2 org2 yg jg ngulang ujian kyk gw. stlh itu gw kembali ke depan loket 5 utk nunggu hasil ujian gw. akirnya dipanggil, dan...
gw gak lulus juga! nilai gw 15. OMG! 2 kali gak lulus ujian teori! bayangin, seorang gw yg udah nyetir belasan tahun di belantara jalanan jakarta ini, seorang gw yg tau dan (biasanya) taat aturan lalu lintas, seorang gw yg pernah ngedebat polisi dan bilang: "saya orangnya taat aturan pak!" pas mau ditilang smp akirnya gak jadi ditilang (krn emang gw gak salah, cuma polisinya aja yg nyari duit), seorang gw yg udah ditilang 4 kali (org yg udah sering ditilang pasti lebih tau dong soal aturan lalin.. hehehe..). gila. gak bisa dipercaya.
akirnya gw kembali ke ruang 37. gw kembali protes dgn nilai gw, dan lagi2 gw disuruh kembali jam 3, krn menurut si petugas utk ngambil data2 gw butuh waktu. di sini gw mulai nyoba mancing, cari jalan. gw bilang, kalo mau ujian praktek dan selsay hari ini juga gimana? dan, seperti yg gw duga/harap, si petugas langsung merekomen seseorang: "kalo mau dibantu ke ruang sebelah aja ketemu pak tarno (atau tresno, atau triono, gw lupa)."
dan gw pun ke ruangan yg posisinya di seberang ruang 37 itu. dan di situlah, rupanya, semua org yg nggak lulus ujian, dan para calo yg ingin kliennya diluluskan ujiannya, membayar. gw berusaha nawar, tp sptnya si petugas udah punya harga fix buat semua orang: 210 ribu. gw bayar. terus kertas hasil ujian gw yg dua kali, dgn 2 nilai gak lulusnya, diambil sama si petugas dan diganti dgn form kosong baru. gw disuruh ngisi, terus minta nilai ke ruang 37 lagi. di ruang 37 gw langsung menyodorkan kertas keparat itu, dan otomatis petugas di ruangan itu langsung kasih nilai 18, lulus!
formulir keparat itu. "cuma" butuh 210 ribu buat tulisan "18/lulus" di atas tanda tangan itu, bukan kepandaian teori lalu lintas yg sebenarnya.
seorang ibu yg jg ngulang ujian dan akirnya nyogok nilai kayak gw jg bilang: "tau gitu nggak usah ujian ulang ya cape2 nunggu lama. orang udah yakin lulus kok. giliran mau jujur (ikutin prosedur resmi).. eh dipersulit.." dgn senyum getir, sebel, tp pasrah.
gw terusin lanjutan list di atas yaa..
9 (b). kalo gak lulus, ke seberang ruang 37 di lantai 2. bayar 210 ribu, isi form, terus ke ruang 37 utk minta nilai. abis itu baru ke loket 6 utk ngasih berkas2 dan daftar ujian praktek.
10. ke tempat ujian praktek. duduk aja tenang2, tunggu dipanggil. begitu dipanggil, dateng ke loket di belakang tribun utk ambil formulir. isi form.
11. bayar sewa mobil/motor di loket (yg lokasinya di sebelah kiri kantin). mobil 10 ribu, motor 5 ribu (gw yakin ini juga gak resmi).
12. abis bayar dan form udah dicap, kita serahin formulir ke petugas yg ngatur ujian praktek di lapangan. dan disuruh kembali duduk di tribune. nunggu.
13. setelah nunggu cukup lama tanpa kejelasan. akirnya gw dan orang2 lain dipanggil ke lapangan untuk dikasih pengarahan.
14. abis itu tunggu giliran ujian praktek.
ujian praktek ini juga sama basinya. standar kelulusannya gak realistis. utk motor, poin pertama penilaiannya kita hrs melewati tengah2 dua buah garis sejajar yg sempit (ceritanya gang sempit). utk melewati persis di tengah kedua garis itu sama sekali gak susah. yg susah adalah melewati dua garis itu tanpa menyenggol patok2 kayu yg diletakkan berdiri di 8 atau 10 titik di atas garis itu.
sementara salah satu syarat kelulusannya adalah minimal sekali menjatuhkan patok kayu, atau sekali menurunkan kaki. 2 kali menjatuhkan patok kayu gak lulus. 2 kali menurunkan kaki gak lulus. sekali jatuhin patok plus sekali nurunin satu kaki jg gak lulus.
belum lagi abis itu musti bikin angka 8 ngikutin garis. bikin angka 8nya mungkin gak susah, tp lagi2, di tengah2 angka 8 itu ada 2 patok yg musti dilewatin tengah2nya. which is 2 patok itu ditaronya sangat deket. setelah itu masih ada ujian zig-zag.
hampir semua orang sblm gw selalu gagal di tes gang sempit itu. mereka pasti nyenggol minimal 2 balok, dan langsung disuruh kembali sama petugas. cm 1 or 2 orang yg bisa, termasuk gw.. yeeeaahhhh... huehehe.. abis itu angka 8 juga gak ada yg nerusin, biasanya cuma muter dikit terus balik ke tempat start.
di tengah2 teriknya panas menunggu, tiba2 ada satu petugas yg dateng, dan menawarkan utk mempermudah proses itu. ia menawarkan: bagaimana jika para pemohon SIM gak perlu ujian praktek, dgn syarat jika kita ditanya org lain, atau ditanya polisi di dalam, kita harus bilang kalo kita sudah mengikuti ujian praktek. kami semua langsung setuju. dan org2 pun kembali duduk di tribun menunggu dipanggil.
15. tunggu nama dipanggil di tribun.
rupanya semua org nunggu di situ namanya kesebut, jd gw asumsikan mrk semua lulus ujian praktek termasuk gw. sukurlah. yg penting gak keluar duit lagi buat nyogok biar lulus.
16. begitu nama disebut, gak perlu nyamperin yg manggil, langsung ke depan loket 9. tunggu dipanggil lagi.
17. begitu dipanggil, ke loket 9 utk terima berkas.
18. ke ruang foto, ngasih berkas, sambil bikin tanda tangan di kertas. terus poto.
19. ke depan loket 30. duduk aja, tunggu dipanggil. begitu dipanggil, langsung ambil SIM di loket itu.
20. setelah ambil SIM ambil kartu asuransi di bagian depan gedung. dan akhirnya setelah 6 jam penuh keringat dan penantian (gw selsay sktr jam 4 sore, datengnya jam 10 pagi).. HOREEEE GW PUNYA SIM C!!! =)
biaya yg gw keluarin:
10.000 form kesehatan
15.000 asuransi
75.000 form resmi SIM
5.000 sewa motor (kl mobil 10.000)
__________________
105.000 jumlah biaya yg bayar di loket resmi
plus
210.ooo sogokan buat nilai ujian teori.
kalo elo beruntung, atau elo pers (banyak wartawan yg melampirkan foto kopi kartu pers-nya di atas berkas2nya), mungkin bisa aja elo jadi segelintir org yg lulus tanpa harus bayar sogokan.
jadi total biayanya: 315.ooo.
35 ribu lebih murah dr calo setempat (dgn prosedur dan lama waktu yg sama);
135 ribu lebih murah dr bikin lewat biro jasa (prosedur sama tapi lebih cepet: sktr 4-5 jam);
dan 235 ribu lebih murah dari bikin lewat biro jasa "premium" yg tinggal foto dan cm 1-2 jam doang jadi.
o iya, pas keluar dan bayar parkir mobil, perhatikan berapa jam elo ada di situ dan berapa jam yg di-charge sama si petugas. soalnya pas gw keluar ditambahin gitu jamnya, untung gw ngitung, dan langsung protes.
btw, yg musti dibawa utk ngurus SIM adalah:
1. KTP asli
2. fotokopi KTP 3 lembar
3. bolpen
4. pensil
selain KTP asli, kalo ada yg gak bawa/punya semuanya bisa dibeli di sana. soal KTP, di depan pintu utama gedung, ada polisi yg ngejaga dan meminta kita utk ngasih liat KTP asli. hanya org2 yg punya KTP yg boleh masuk.
yaa gitu deh perjuangan panjangnya ngurus SIM di jakarta. hanya sebuah potret dan bagian kecil dari sistem besar pemerintahan yg korup. budaya yg lahir dan tumbuh besar di jaman orde baru.
tp sebagai warga negara yg baik gw akan tetep terus nyoba utk ngikutin prosedur resmi. kecuali kepepet.. =)
8 Comments:
krn pindah blog, comment dr tempat yg lama gw copy-paste ke sini:
At 8:06 PM, fERDI:) said...
Abang gue baru sekitar setahunan lalu masih bisa 100 doang tanpa main calo-caloan. Dan gue masih inget pas Polri baru lepas dari ABRI dan lagi gencar2nya 'memberantas korupsi,' pas bayarnya masih cuma 75...
Tampaknya lama-kelamaan tetep aja ya balik ke kleptokrasi; nggak ngefek :p
By iwan paul, at 3:10 PM
thanks banget buat info-nya bro...
gw jadi pengen ngurus sim-c nih..sebelumnya rada males ke daan mogot karena ada yang bilang birokrasinya ribet banget tapi karena info ini gw mau coba...sekali lagi thanks bro buat infonya yang detail banget..:)
By Anonymous, at 6:13 PM
thanks banget buat info-nya bro...
gw jadi pengen ngurus sim-c nih..sebelumnya rada males ke daan mogot karena ada yang bilang birokrasinya ribet banget tapi karena info ini gw mau coba...sekali lagi thanks bro buat infonya yang detail banget..:)
By Anonymous, at 6:14 PM
ur welkom man..
By iwan paul, at 7:33 PM
gue bikin sim A datang jam 10.00 selesai jam 13.00 tapi tambah sogokan Rp. 250.000 karena gue gak lulus teori jadi kalau ke sana gak usah pusing kalau gak lulus langsung tanya bisa dipermudah ga ? pasti ada jalan kalau ada uang. tapi gue kasihan sama orang yang ga punya duit mungkin buat kita 200 rb ga ada apa-apanya tapi buat mereka mungkin berarti jadi kalau bisa diaudit lagi deh tuh tempat bikin sim !
By Anonymous, at 11:39 AM
Hi, salam kenal ..minta ijin nich yaaaaa...postingan loe tentang SIM gw taruh di blog gw, jangan khawatir ada link balik ke blog loe kok.
Soalnye pengalaman loe pas ama postingan gw..yang berjudul "birokrasi Indonesia - nembak atau sesuai prosedur? "
Thanks yach Wan :-)
By Widasari Saraswati, at 9:06 PM
aparat keparat! sudah digaji msh merasin rakyat. bayangin aja berapa omsetnya klo perorang dipalakin 210 ribu dikali ratusan orang perhari... uedan tenan!!
By Anonymous, at 8:15 AM
Hari ini, 18 Juni 2008 untuk sogok menyogok sudah naik, dari ujian tertulis samapai selesai biayanya Rp 300.000 saja! Selamat nyogok.. hehehe.. sebel banget.. ujian tulisnya nggak jelas .. soalnya gampang gitu kok bisa semua yang nggak lulus nilainya seragam 16 - 17... yang lulus cuman nilainya 19 dan 18!
By Anonymous, at 5:31 PM
Post a Comment
<< Home