tips2ku

Saturday, March 19, 2005

disk error. please check region.

Image hosted by Photobucket.com
my own home theatre yg ngabisin THR taun 2004 gw =)

gw baru tau kalo DVD itu ada sistem region-nya. dulu sekali gw pernah denger, saat masih jarang org make DVD. tp setelah DVD udah mewabah di jakarta, rasanya org gak pernah ada problem dgn sistem region ini maupun dgn DVD bajakan. semuanya fine2 aja. termasuk yg gw alami. sampai sktr seminggu yg lalu.

belakangan gw mulai kecewa dgn DVD2 bajakan yg gw beli. krn semakin banyak yg di tengah2 film ada gangguan, entah berhenti sekian detik, atau ada garis2 dan gambarnya keganggu, atau teksnya tiba2 mati. dari yg bisa di-skip dan filmnya bisa ditonton smp abis, smp yg bener2 berhenti, jd penasaran/nggantung/kampret. banyak bgt DVD gw yg ada rusaknya dan musti dituker, dan gw gak inget satu2 yg mana gw beli di toko yg mana ("which is which" bahasa inggrisnya..).

sementara itu, atas promosi dari feli, gw dikenalkan dgn sebuah tempat penyewaan DVD original yg bernama Subtitle di basement Dharmawangsa Square. dgn 75 ribu gw dpt jatah sebulan utk minjem DVD. sekali ambil 2 DVD (kalo mau 3 bayar 100 ribu, kalo 4 150 ribu). kl sehari selsay, besoknya boleh pinjem 2 lagi, gitu seterusnya. jd sebulan kalo tiap hari minjem 2, terus besoknya dibalikin dan langsung pinjem lagi, bisa aja kita nonton 60 film! dan satu hal yg paling penting, koleksi filmnya bagus2, dr film2 hollywood, film2 tuir, smp film2 kelas festival ada.

sejak itu gw mulai bercita2 utk mengganti koleksi DVD gw dari yg bajakan ke original. tentunya jumlahnya akan menyusut drastis. jadi gw akan memperketat kriteria koleksi gw. gw akan sering2 sewa DVD di subtitle, terus kl ada film (baru maupun lama, yg udah maupun belon gw tonton) yg emang gw bener2 suka, baru gw beli originalnya, atau bajakan tp yg kelas satunya utk koleksi.

so, gw mulai nyewa DVD di subtitle. tp pas gw mo nyetel DVD itu, yg muncul di layar TV adalah "disk error. please check region." damned!! gw coba DVD kedua dr subtitle jg, sama. gw langsung telpon subtitle, menurut orang di sana: sepertinya karena DVD player gw regionnya beda dgn region DVD yg disewain subtitle. katanya, DVD samsung (seperti punya gw) biasanya cuma bisa muter region asia aja. sementara region satu (film amerika dan kanada) serta region dua (film eropa) gak bisa. sarannya: mungkin musti ganti optik. setelah gw cek, ternyata DVD player/mini home theater samsung gw yg keren itu cm support region tiga. bisa diliat di bagian belakang player, ada logo spt gambar bola dunia dan dgn angka 3 di tengahnya.

Image hosted by Photobucket.com
DVD player gw yg keren banget itu

hari senin malam kmrn, pas gw ke electronic city nyari TV 21" buat ruangan tengah rumah gw, gw tiba2 beride utk nanya2 di bagian samsung. ternyata menurut si orang electronic city itu, biasanya semua DVD player itu bisa support semua region, tinggal mengubah setting di DVDnya aja. ini bisa dilakukan dgn memasukkan kode tertentu dgn cara tertentu. sehingga dr "region 3" bisa jadi "all region". dia memberi saran spy gw kembali keesokan harinya, dan bertemu dgn teknisi dr samsung yg malam itu udah pulang.

bsknya gw cabut pas makan siang dr ktr, bawa DVD player ke electronic city. setelah diutak-atik, ternyata tetep nggak bisa. si teknisi bilang, kalo DVD player biasa dia bisa, tapi utk mini home theater spt yg gw punya, kodenya beda. dia menyarankan gw utk ke tempat servis samsung yg di pancoran.

kmrn, stlh gw ngurus SIM di daan mogot, gw nyoba utk nelpon samsung pancoran. krn memang plannya kalo masih sempet gw mau bawa DVD player gw ke situ (makanya player itu udah gw bawa2 di mobil, nungguin gw bikin SIM). stlh gw jelasin problemnya, si mbak2 di sana bilang: "oo kita punya kebijakan gak bisa ngerubah region. soalnya kan region itu dibikin utk menghindari pembajakan."

"lho tp DVD player saya justru bisanya muter yg bajakan. giliran muter original malah gak bisa," debat gw. sebetulnya gw ngerti: DVD bajakan itu memang dibikin dgn region 3, sama dgn DVD original produksi lokal kyk vision punya. dan krn DVD subtitle itu original dari luar (bukan original lokal), makanya gak bisa diputer di DVD gw. cuma gw jg sebel mbak2 itu nggak bisa ngasih solusi. padahal kemana lagi seharusnya pemakai produk samsung mengadu selain ke agen servis resminya. pupus sudah keinginan gw utk sering2 nyewa DVD original dr subtitle.

dlm perjalanan pulang, gw mampir ke PIM. sambil jalan2 sendiri, tiba2 gw beride utk ke mampir ke Agis, dan nanya2 soal problem itu. stlh gw jelasin, si orang penjaga counter samsung langsung nanya, "barangnya dibawa gak? sini saya coba beresin." waahh.. gw langsung senang, untung gw udah prepare bawa2 tuh player. gw selesaiin belanja gw, terus gw ambil playernya di mobil dan gw bawa ke si orang agis.

stlh diutak-atik, caranya mirip dgn yg dilakukan org electronic city: tray di-open, terus pas di-close (tanpa disc), kan playernya akan loading, nah pas loading itu dimasukin kode tertentu lewat remote. abis itu, langsung dicoba DVD subtitle yg emang udah gw bawa. dan ternyata... LANGSUNG BISAA!!! yeaahh.. akirnya gw bisa nonton film2 subtitle!! =)

udah gitu, pas player lagi diberesin dan gw tanya ongkos resminya berapa, si orang agis itu bilang nggak ada. bahkan pas gw nyodorin uang langsung, dia nolak2. katanya, "nggak usah. gratis kok."

waaahh.. senangnyaa.. =)

11 Comments:

  • jajalsss

    By Blogger iwan paul, at 2:20 PM  

  • wah dvd nya keren pak !

    By Blogger Rivergaia, at 9:33 AM  

  • hidup pembajakan
    hidup budaya 'akal-akalan'
    Indonesia memang surga dunia

    By Blogger dlumenta, at 5:09 PM  

  • buat jazz: tengkyu. padahal itu cuma samsung model yg ekonomisnya. yg beneran keren (denon, yamaha, gitu2) mah gak mampu belinya.

    buat dave: well u know, itu bentuk resistensi ala negeri pascakolonial terhadap negara2 kapitalis maju itu.. hehehe.. anggap saja ini pembenaran gw.

    By Blogger iwan paul, at 7:37 PM  

  • This comment has been removed by a blog administrator.

    By Anonymous Anonymous, at 9:59 AM  

  • Daripada bawa2 ke Agis lain kali browsing di sini aja http://www.videohelp.com/dvdhacks
    Gue sendiri pernah ubah sendiri region code-nya dvd gue yang merk LG dan berhasil dengan sukses.

    Soal fungsi, region code itu bukan buat mencegah pembajakan tapi lebih ke mengelompokkan wilayah sales. Lihat di sini http://www.dvddemystified.com/dvdfaq.html#1.10

    Sedangkan tentang 'budaya akal-akalan' kayaknya soal mengakali region code ini bukan hanya milik Indonesia. Buktinya ya website hack region code di atas itu. :-)

    By Anonymous Anonymous, at 1:53 PM  

  • nice post bro, oldish bgt ... and i like old school , two thumbs up

    By Anonymous kliknklik, at 10:05 AM  

  • gan kalau dvd player samsung e360 dari region 3 ingin jadi region 0 gimana ya?tolong bantu ya..

    By Anonymous Hahan, at 9:05 AM  

  • Kode buat dvd lg apa yah saya jg punya mini home teater lg utk dvd error www.pengaspalan.com

    By Blogger SHILLA OFFICIAL, at 5:08 PM  

  • pusing aku kepala rasanya mau pecah

    By Blogger nauval, at 4:51 PM  

  • pusing aku kepala rasanya mau pecah

    By Blogger nauval, at 4:52 PM  

Post a Comment

<< Home